Benahi Puskesmas Beji, Siapkan Dana Rp 6 Miliar

Puskesmas Beji terletak di jalan Ir Soekarno, Desa Beji, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Puskesmas Beji terletak di jalan Ir Soekarno, Desa Beji, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

SAMPANGTIMES, BATU – Renovasi gedung Puskesmas Beji yang terletak di Jalan Ir Soekarno, Desa Beji, Kecamatan Junrejo segera dilaksanakan di tahun 2019 ini. Rencananya renovasi bangunan ini akan menelan anggaran sekitar Rp 6 miliar. Renovasi harus dilakukan karena bangunan sudah tidak layak. Selain itu, bangunan tersebut juga tergolong gedung lama dan kurang representatif.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Batu Sri Rahati mengatakan, tahun 2019 ini memang harus direalisasikan. Sebab sudah dua tahun lalu yakni tahun 2017 dan 2018 gagal direalisasikan. “Renovasi bangunan ini sudah direncanakan tahun 2017 dan akan direalisasikan tahun 2018 tapi, karena tahun 2018 tidak ada anggaran, akhirnya tahun 2019 ini realisasi,” kata Sri.

Dia mengatakan, renovasi Puskesmas Beji harus dilakukan karena sudah tidak layak. Bahkan, jika dibanding dengan puskesmas lainnya yang ada di Kota Batu juga terpaut jauh. Dengan renovasi tersebut diharapkan tidak membahayakan masyarakat yang sedang periksa maupun para petugas.

Selain renovasi, juga ada penambahan fasilitas. Seperti pelayanan untuk lansia dan poli khusus anak. Saat ini pelayanan di Puskesmas Beji baru terdapat pelayanan dokter umum dan dokter gigi. "Kasihan kalau lansia harus antre, karena itu kita perhatikan mereka. Lalu ruang tunggu kami buat lebih nyaman, didesain supaya nyaman," imbuhnya.

Sri menambahkan tidak hanya Puskesmas Beji, renovasi juga akan dilakukan di Puskesmas Bumiaji. Renovasi ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan agar masyarakat nyaman. “Hal ini dilakukan melihat di sana jumlah penduduknya banyak sedangkan puskesmasnya hanya satu. Ini juga permintaan dari warga sekitar,” tambah Sri.

Menurutnya selain ada renovasi juga akan dilakukan penambahan satu puskesmas, melihat banyaknya jumlah penduduk di sana. Hanya saja lokasinya masih belum diketahui sebab dalam tahap perencanaan. Sedang hingga saat ini di Kota Batu memiliki lima puskemas. Di Kecamatan Junrejo ada Puskesmas Junrejo dan Beji. Lalu di Kecamatan Batu ada Puskesmas Batu dan Sisir. Dan di Kecamatan Bumiaji memiliki Puskesmas Bumiaji.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Batu TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]sampangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]sampangtimes.com | marketing[at]sampangtimes.com
Top