DPRD Kabupaten Blitar Dorong Pebaikan Sekolah yang Rusak Parah

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar Susi Narulita.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar Susi Narulita.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

SAMPANGTIMES, BLITAR – Banyaknya bangunan sekolah dasar (SD) yang rusak dan kekurangan ruang kelas membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menyediakan anggaran untuk perbaikan sekolah. Agar perbaikan bangunan sekolah tepat sasaran, DPRD Kabupaten Blitar minta agar memprioritaskan kondisi kerusakan yang parah.

Berdasarkan informasi yang diterima, tahun ini Pemkab Blitar menganggarkan dana sebesar Rp 13 miliar. Anggaran tersebut hanya untuk membangun atau memperbaiki 147 ruang kelas. Padahal jumlah ruang kelas yang rusak cukup banyak. "Bahkan ada sekolah yang tidak memiliki ruang kelas karena tak kunjung diperbaiki," ungkap Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar Susi Narulita.

Untuk itu, dia minta agar Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Blitar menggunakan skala prioritas dalam membangun atau memperbaiki ruang kelas. Artinya, anggaran yang tersedia tahun ini digunakan untuk memperbaiki ruang kelas yang kondisinya paling parah atau yang membutuhkan perbaikan segera. 

Meski sekolah tersebut berada di pelosok, perbaikan dilakukan agar kerusakan ruang kelas tidak membahayakan siswa yang mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM). Sebab, ada beberapa sekolah yang terpaksa menyulap satu ruang kelas dijadikan dua ruang dengan cara disekat lantaran salah satu ruang kelas rusak dan tak kunjung diperbaiki. "Perbaiki dulu yang rusaknya parah atau yang ruang kelasnya terbatas," tukasnya.

Menurut Susi, skala prioritas harus digunakan mengingat anggaran yang disediakan untuk perbaikan ruang kelas tidak terlalu besar dan  anggaran APBD memang minim. Namun, agar kerusakan ruang kelas tetap diperbaiki, pihaknya akan terus mengupayakan agar anggaran perbaikan ruang kelas tetap dilakukan setiap tahun. "Karena anggarannya terbatas, perbaikan ruang kelas akan dilakukan bertahap atau menunggu ketersediaan anggaran," pungkasnya.

 

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]sampangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]sampangtimes.com | marketing[at]sampangtimes.com
Top