Aktivitas Memasak Meningkat, Konsumsi Elpiji Melon di Malang Naik 7.340 Tabung Per Hari

ilustrasi
ilustrasi

SAMPANGTIMES, MALANG – Bulan Ramadan mengubah pola aktivitas memasak masyarakat yang rata-rata bertambah seiring adanya momen sahur. Sehingga, tingkat konsumsi gas LPG 3 kilogram atau elpiji melon mengalami kenaikan. Di wilayah Malang Raya, Pertamina Marketing Operation (MOR) V memprediksi kenaikan pembelian sebanyak 6 persen dari konsumsi normal.
 

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR V Jatimbalinus, Rustam Aji mengungkapkan, pihaknya telah melakukan upaya penambahan suplai khusus untuk memenuhi kebutuhan LPG tabung hijau bagi masyarakat Malang Raya. "Pertamina MOR V memprediksi terjadi kenaikan konsumsi sebesar 6 persen dari konsumsi normal," ujar Rustam. 
 

Dia menguraikan, rata-rata konsumsi harian di Malang Raya sebanyak 128.660 tabung atau 386 Metric Ton (MT) per hari. Sepanjang Ramadan-Lebaran 1440 H ini naik sekitar 7.340 tabung menjadi 136.000 tabung per hari. "Jadi pasokan hariannya sekitar 408 MT per hari. Kebutuhan ini dilayani oleh 53 Agen dan 1930 Pangkalan," paparnya. 
 

Untuk mendukung kelancaran penyaluran selama momen lebaran, lanjutnya, Pertamina membentuk tim Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2019. Tim tersebut bertugas sejak tanggal H-15 atau Selasa (21/5/2019) lalu hingga H+15 Lebaran. "Khusus untuk masa satgas Pertamina mengaktifkan 18 Agen dan 161 Pangkalan Siaga di Malang Raya," tambahnya.
 

Rustam menguraikan, Tim Satgas ini berperan khusus dalam memantau dan mengkoordinasikan penyaluran BBM dan LPG. Mulai dari penguatan stok, kelancaran distribusi di jalan raya hingga pemantauan kondisi di lapangan. "Harapannya, ketersediaan BBM dan LPG di masyarakat dapat terus terpenuhi," pungkasnya. 
 

Sebagai informasi, pada kondisi normal rata-rata konsumsi untuk LPG di Jatim yaitu sebesar 5.070 MT per hari. Pertamina memprediksi konsumsi LPG akan mengalami kenaikan pada Bulan Ramadhan 2019 dengan estimasi angka mencapai 5.520 MT per hari atau naik sebesar 9 persen dari konsumsi normal.

 

Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]sampangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]sampangtimes.com | marketing[at]sampangtimes.com
Top