Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Malang Pastikan Masyarakat Tetap Terlayani

Kepala BPJS Cabang Malang, Hendry Wahjuni (berjilbab) (foto: Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Kepala BPJS Cabang Malang, Hendry Wahjuni (berjilbab) (foto: Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

SAMPANGTIMES, MALANG – Warga Kota Malang kiranya tak perlu khawatir akan jaminan kesehatan di masa libur lebaran mendatang. Pasalnya, Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Malang akan tetap memberikan pelayanan di masa libur Idul Fitri 1440.

Layanan tersebut akan diberikan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang terdaftar pada jaminan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk oleh BPJS.

Kepala BPJS Cabang Malang, Hendry Wahjuni mengatakan jaminan pelayanan kesehatan itu akan berlangsung pada tanggal 29 Mei sampai 13 Juni 2019 mendatang. 

"Jadi itu mulai H-7 sampai H+7 lebaran, Peserta JKN-KIS tetap bisa memperoleh jaminan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk BPJS," ujarnya, Senin (27/5).

Bahkan pelayanan itu juga berlaku pada pemudik. Sehingga peserta JKN-KIS ketika membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota dapat mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut. 

"Meskipun tidak terdaftar di FKTP mereka yang di luar kota tetap bisa dilayani selama itu tadi memiliki jaminan BPJS. Untuk daftar FKTP-nya dapat diakses pada aplikasi 'Mudik BPJS Kesehatan' atau dengan menghubungi Call Center 1500 400," imbuhnya.

Meski begitu, apabila ada FKTP yang tidak dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran di suatu wilayah, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP, maka peserta berhak mendapatkan pelayanan medis dasar di IGD rumah sakit terdekat dengan area masing - masing.

Terlebih ketika dijumpai ada pasien dengan kondisi gawat darurat. Maka fasilitas kesehatan baik pada tingkat pertama dan lanjutan diwajibkan memberikan pelayanan penanganan pertama pada peserta JKN-KIS.

"Selama peserta JKN-KIS tersebut mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis, maka akan dijamin dan dilayani. Fasilitas kesehatan juga tidak diperkenankan menarik biaya dari peserta," katanya.

Namun, pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang status kepesertaannya aktif. Untuk pengecekan status keaktifan juga bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN. 

Tak hanya itu, BPJS Kesehatan juga menyediakan pelayanan khusus kepada peserta JKN-KIS baik di Kantor Cabang, Kantor Kabupaten/Kota Pulau Jawa, dan beberapa Kantor Kabupaten/Kota di luar Pulau Jawa. Sedangkan Iayanan khusus bagi peserta JKN=KIS akan dilayani mulai tanggal 3, 4, dan 7 Juni 2019 pukul 08.00 - 12.00 waktu setempat.

Pewarta : Arifina Cahyati Firdausi
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]sampangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]sampangtimes.com | marketing[at]sampangtimes.com
Top