Kota Malang Terus Perkuat Potensi Wisata Halal

Wali Kota Malang Sutiaji (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

SAMPANGTIMES, MALANG – Potensi Kota Malang sebagai kota wisata halal terus diperkuat Pemerintah Kota Malang. Apalagi saat ini, beberapa tempat seperti hotel dan rumah makan sudah mulai mengajukan diri untuk mendapat sertifikasi halal dan turut menyukseskan program tersebut.

Belum lama ini, Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, pengusaha yang tertarik untuk menjadi destinasi halal semakin banyak. Hal itu pun dinilai semakin mempermudah upaya Pemkot Malang untuk memperkuat diri sebagai kota wisata halal.

"Wisata halal itu potensinya sangat besar dan ini bukan hanya kaitannya milik muslim. Jepang yang bukan negara Islam sudah mendeklarasikan diri  dengan wisata halal," kata dia.

Pria berkacamata itu optimistis predikat sebagai wisata halal akan meningkatkan kepercayaan wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Sehingga diharapkan target wisatawan yang masuk dapat terus digenjot dan mampu menampah perputaran ekonomi di kota pendidikan ini.

Menurut Sutiaji, untuk menjadikan diri sebagai wisata halal, maka beberapa destinasi yang ada harus benar-bemar bersertifikasi halal. Mulai dari hotel, rumah makan, pasar, hingga pusat perbelanjaan atau swalayan. Meski tidak semua, minimal ada beberapa yang telah memenuhi kualifikasi. Di antaranya memiliki musala atau tempat beribadah dan makanan yang disajikan terjamin tingkat hieginis dan kehalalannya.

"Secara nasional, pertumbuhan wisatawan yang masuk tercatat semakin bagus seiring dengan pertumbuhan wisata halal," imbuh Sutiaji.

Lebih jauh politisi Partai Demokrat ini juga mengungkapkan bahwa rencana wisata halal juga mendapat dukungan dari berbagagai perguruan tinggi yang memiliki laboratorium khusus untuk memberi pemdampingan dalam memperoleh sertifikasi halal. Tentunya itu sangat mendukung dan mempermudah para pengusaha.

Melalui konsep wisata halal itu, Pemkot Malang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malamg menargetkan mampu menambah jumlah wisatawan asing sampai 10 persen. Terutama untuk turis yang berasal dari daerah Timur Tengah dan negara Islam lainnya.

 

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]sampangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]sampangtimes.com | marketing[at]sampangtimes.com
Top