Ajak Masyarakat Hidup Sehat, Dinas Kesehatan Lewat Puskesmas yang Ada Lakukan Trik Ini

Salah seorang warga dan petugas kesehatan yang menunjukkan pamflet GERMAS saat penyuluhan (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Salah seorang warga dan petugas kesehatan yang menunjukkan pamflet GERMAS saat penyuluhan (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

SAMPANGTIMES, MALANG – Kepedulian terhadap pola hidup sehat masyarakat kini selalu digalakkan melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) oleh pemerintah. 

Di Kota Malang sendiri, kegiatan ini telah gencar dan rutin dilakukan untuk mengajak warganya hidup sehat secara mandiri dan tepat.

Seperti pengadaan penyuluhan GERMAS yang dilakukan oleh Puskesmas Kedungkandang di wilayah Kelurahan Kota Lama RW 1 Kota Malang siang ini (Selasa, 2/7). 

Masyarakat, umumnya ibu - ibu diberikan materi mengenai perilaku hidup sehat secara mandiri.

Salah satu perawat Puskesmas Kedungkandang, Ratih Wijastuti menyatakan pencanangan pemerintah akan GERMAS yang dulunya mengedepankan 3 poin utama yakni, rutin makan buah dan sayur, kemudian melakukan aktivitas fisik atau olahraga, dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan kini telah bertambah.

Ia menjelaskan ada 3 poin lainnya yang harus diperhatikan masyarakat dalam GERMAS ini. 

Di antaranya, cegah stunting, eliminasi TBC (Tuberculosis), dan peningkatan cakupan imunisasi.

"Ini yang harus diperhatikan dalam GERMAS kali ini. Apalagi, di wilayah Kota Lama ini penderita penyakit TBC cukup banyak dan menular. Namun, bukan perarti penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Selama minum obatnya teratur tidak putus selama masa pengobatan maka akan sembuh," ujar dia.

Pencegahan terhadap penyakit tersebut, masyarakat diwajibkan untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. 

Seperti, makan makanan bergizi, olahraga teratur, jemur alas tidu agar tidak lembab, buka jendela untuk sirkulasi udara, melakukan imunisasi BCG (Bacillus Calmette-Guérin), dan tidak merokok.

"Nah, kita harapkan para anggota keluarga nantinya melakukan perilaku hidup sehat ini. Karena sebetulnya TBC juga masih bisa dicegah selama hal itu rutin dilakukan. Hal yang simple seperti rutin menjemur kasur, dan memhuka jendela. Dan bagi bayi yang baru lahir sebaiknya segera dilakukan imunisasi BCG," imbuhnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang paling simple tapi kerap menjadi hal yang sepele yakni mengenai cuci tangan. 

Karenanya, masyarakat sebaiknya melakukan aktivitas cuci tangan dengan langkah - langkah yang benar.

Seperti tata cara membersihkan tangan dengan mulai menggosok telapak tangan, membersihkan sela - sela jari, gosok telapak tangan dengan jari secara berlawanan, jalinkan jari-jemari kedua telapak tangan saling berhadapan, gosok kedua ibu jari, gosok bagian tengah telapak tangan.

"Cuci tangan ini dinilai sepele, tapi kalau tidak bersih kan bisa menyebabkan penyakit apalagi kuman atau bakteri itu tak terlihat. Kalau merasa ribet atau lama itu sebenarnya tidak, yang penting langkah - langlahnya. Seringkali sela - sela jari itu terlupakan nah ini jangan sampai lupa," paparnya.

Pewarta : Arifina Cahyati Firdausi
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]sampangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]sampangtimes.com | marketing[at]sampangtimes.com
Top